Poetry In Motion

 Sebuah puisi hanya seindah pribadi yang membacanya.
--------------
Seseorang dengan hati yang kering dan retak-retak tidak akan bisa menghayati keindahan dari puisiyang dibacanya, karena seseorang yang mengenali keindahan sebuah puisi -sedang sebetulnya
mengenali keindahan yang ada di dalam hatinya sendiri -melalui pilihan kata-kata yang peka dan cerdas dari penulis puisi itu.

Dan alam ini adalah penulis puisi yang bergerak itu poetry in motion yang kita sebut ... wanita.
--------------
Dan wanita yang kita cintai itu dia hanya akan secantik keindahan yang ada di hati kita.
Bila Anda seorang pria yang memiliki kapasitas yang besar untukmengenali keindahan -maka wanita Anda adalah keindahan yang taktertarakan.
Bila Anda membanding-bandingkan wanita Anda -sebetulnya Anda sedang membandingkan keindahan di hatiAnda dengan keindahan dihati pria-prialain.
Wanita Anda tidak bisa dibandingkan. Anda hanya bisa membandingkandiri Anda sendiri.

Takjubkanlah wanita Anda dengan pengabdian Anda.
--------------
Berusaha lah sekuat tenaga untuk menjadikan diri Anda sebagai abdi bagi kebahagiaannya.
Jadikanlah senyumnya sebagai alasan bagi kesabaran Anda.
Jadikanlah kemungkinan bagi kesedihannya sebagai alasan Anda untuk bertahan dan menyelesaikan perjalanan yang sulit.
Jadikanlah renyah tawanya sebagai perindu yang merenggut Anda untuk kembali kepadanya.
Dan jadikanlah sentuhan dan aroma keseluruhan dirinya -sebagai tangga yang menghubungkan ke-tidak-berdayaan Anda dengan gelora keperkasaan Anda untuk mendominasi dunia.
Takjubkanlah dia dengan kesungguhan Anda untuk menjadikannya sebagai tujuan dari semuaupayaAnda.
Dan Anda akan dibahagiakankan dengan kesungguhannya untuk juga menjadikan Anda -sebagai pria tujuan dari pengabdiannya. Bila tidak...,maka dia pasti bukan wanita-atau setidaknya bukan wanita Anda.

Anda berdua -kembalilah ke persahabatan kanak-kanak Anda.
-----------------
Amatilah dengan penuh kasih. Anak-anak tidak pernah membuat rencanayang lebih panjang dari yang akan segera mereka lakukan.
Mereka juga tidakmerencanakan apa pun yang tidak menggembirakan.
Dan yang lebih menarik lagi, mereka berganti rencana dengan kesegeraan yang tidak harus menjelaskan mengapa mereka harus berubah.
Hari ini, jangan lagi berencana. Segera lakukanlah apa pun yang selama ini ingin Anda lakukan untuknya, tetapi yang belum Anda temukan waktunya untuk melakukan.
Hentikanlah kendaraan Anda dan menepilah untuk memetik bunga tepi jalan yang sederhana tetapi cantik itu untuk dengan keceriaan ke-kanak-an -Anda persembahkan kepadanya,dan katakanlah dengan tatapan berserah yang lekat di matanya … bahwa bungaitu adalah Anda -pria sederhana yang sedang berupaya menjadi seindah mungkin baginya.

Bila wanita Anda sering tertipu ketahuilah bahwa Anda penipu-nya.
-----------------
Tetapi, hey …!, jangan berhenti sekarang.
Teruskanlah kepandaian Anda untuk memperdayainya itu dengan pujian-pujianbaru yang lebih berkasih sayang yang akan menjadikannya sebagai wanita yang kenyataannya Anda impikan selama ini.
Hampir semua pria memiliki kemampuan berbicara yang demikian hebat -sehingga dia bahkan bisa membuat dirinya sendiri percaya mendengar kebohongannya sendiri.
Sekarang, gunakan kehebatan itu dengan lebih tulus, dan katakanlah kepada wanita Anda, dengan mata sayu dan suara mendayu, bahwa:

Saat aku melihatmu …,
yang kulihat adalah sebuah puisi indah yang bergerak
yang... ohh … membuat mataku benci berkedip.

Kau puisi yang melenggang di sisiku.
Nafasku terhentak hampa dari dadaku oleh gemulai lambaian tubuhmu.

Tidak ada ombak di laut yang bisa mendekati keindahan dari alunan aroma kesurgaan yang terhantarkan dari kilauan ombak-ombak bayangan tubuhmu.
Tidak ada apa pun yang bisa aku minta darimu.
Kau …, puisiku yang melenggangkan keindahan ini, kau … terlalu indah untuk kutata ulang.